Products are made in the factory, but brands are created in the mind. Kutipan dari Walter Landor itu membuka acara agent gathering bertajuk Kemang Reborn & Our Commitment di halaman Pendopo Arjuna Synthesis Residence Kemang. Dalam acara ini, Synthesis Residence Kemang secara khusus menghadirkan Arto Subiantoro, seorang brand builder, untuk berbagi seputar personal branding kepada para agen penjual properti.

null

“Branding adalah seni menciptakan persepsi,” tutur Arto, Rabu (10/10) di tengah acara, “Itu menjadi kian penting seiring makin menjamurnya kompetitor, agar brand kita punya posisi yang jelas di benak konsumen.” Lebih spesifik kepada personal branding, pria berkaca mata ini mengungkapkan, “Buah dari personal branding yang baik, kepercayaan akan datang dari konsumen untuk membeli produk, beda dengan prinsip marketing yang mesti menganjurkan konsumen untuk membeli.”

null

Salah satu poin penting dalam personal branding untuk meningkatkan penjualan adalah seseorang dituntut untuk kreatif. “Sederhananya, kreatif itu melakukan apa yang orang lain tidak lakukan,” sambung Arto. “Bisa dengan menjual barang/jasa yang sama namun menggunakan cara yang berbeda, atau menjual dengan cara yang sama namun barang/jasanya berbeda, dan menjual barang/jasa yang berbeda dengan cara yang berbeda pula.”

null

Dalam acara yang dirangkai dengan santap malam barbeque ini, ia juga menganjurkan agar para agen penjualan untuk mengenali karakternya masing-masing dan mengembangkannya, juga fokus dan beradaptasi kepada pangsa pasar yang menjadi keunggulannya, serta yang penting juga, “Konsisten,” tegasnya. “Kini sudah banyak agen yang tak sekadar menjual, melainkan juga memberi service untuk mengurusi jika produknya bermasalah atau jika konsumennya membutuhkan hal-hal tertentu terkait produk. Itu bagus, tapi ia juga mesti mampu melakukan itu terus-menerus, kepada setiap konsumennya.”

null

Dari pihak Synthesis Residence Kemang, Imron Rosyadi selaku Property Investment Advisor Synthesis Development memberi highlight pada poin menjual barang/jasa yang berbeda…. “Ini berarti perlu ada diferensiasi pada produk,” ungkapnya kepada lebih dari 100 orang agen yang hadir sejak sore di proyek apartemen karya Synthesis Development ini, “dan Synthesis Residence Kemang memenuhi itu.”

“Di antaranya lewat pengaplikasian motif batik kawung pada interior maupun eksterior hunian,” ia menjelaskan. “Ada pula rumah joglo sebagai lobby utama, selain lobby-lobby di masing-masing tower Synthesis Residence Kemang. Untuk kedamaian dan kenyamanan penghuni, 60% dari total 2 hektar luas lahan dedikasikan untuk area terbuka hijau lengkap dengan kolam, yang bernama Taman Tirta Astana. Secara keseluruhan, aneka fasilitas di Synthesis Residence Kemang akan membuat para penghuni tinggal dengan kenyamanan laksana bangsawan Jawa.”

Sementara Pendopo Arjuna Synthesis Residence Kemang yang tengah direnovasi, seperti Imron jelaskan, menjadi bagian dari upaya untuk semakin menghadirkan persepsi yang baik. Tak ketinggalan, dirinya pun menegaskan komitmen Synthesis Development selaku pengembang terhadap pembangunan Synthesis Residence Kemang, sekaligus menangkis gosip miring di luaran yang mengatakan proses pembangunan proyek ini tidak berlanjut.

null

“Hingga kini masih terus berlangsung, bahkan kami meletakkan CCTV di lokasi proyek, yang bisa diakses lewat website Synthesis Residence Kemang,” tambahnya. “Sehingga, konsumen dapat melihat sendiri progres pembangunannya kapan pun.”

Semua itu tentunya diharapkan turut memudahkan para agen untuk menjual unit-unit Synthesis Residence Kemang.

X