Bukan hanya kebersihan hunian, kebersihan diri setiap anggota keluarga dan kebersihan makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Karena, bila kebersihan hunian tidak terjaga, virus dan bakteri dapat menyebar dan menempel pada permukaan tubuh, khususnya tangan. Selain itu, kuman dapat berpindah ke makanan dan minuman Anda bila kebersihan dapur juga tidak dijaga dengan baik.

 

Untuk mencegah menyebarnya virus dan bakteri melalui makanan dan minuman, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air

Tangan rentan terkontaminasi oleh kuman. Jadi, sangat penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, juga sebelum mengolah dan menyiapkan makanan. Gunakan sabun dan air yang mengalir untuk membersihkan seluruh bagian tangan.

  • Membersihkan dapur dan peralatan di dapur

Pastikan Anda selalu membersihkan permukaan dapur, perlengkapan masak dan alat makan, baik sebelum maupun sesudah memasak. Anda bisa menggunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan permukaan tersebut.

  • Mencuci buah dan sayuran

Wajib mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi ataupun dimasak. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan buah dan sayur. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk sayur dan buah yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

  • Pisahkan makanan mentah dengan makanan matang

Jangan pernah menaruh makanan yang sudah dimasak di piring yang sama untuk mengolah bahan makanan mentah, untuk menghindari kontaminasi kuman pada makanan. Selain itu, gunakan talenan bersih yang berbeda untuk bahan makanan mentah dan untuk makanan yang sudah matang atau siap santap.

Untuk menjaga kebersihan hunian dan perabot, termasuk alat-alat dapur, ada berbagai jenis cairan pembersih yang dapat Anda gunakan. Beberapa di antaranya bahkan memiliki kemampuan untuk membunuh kuman.

Mulai sekarang, biasakan untuk membersihkan hunian secara teratur dan menyeluruh, supaya Anda dan keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Jangan lupakan tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, karena tempat-tempat tersebut rentan ditinggali oleh kuman.

X