Pantry merupakan sebuah area di dalam hunian yang digunakan untuk menyimpan berbagai alat – alat dapur seperti pisau, panci, wajan dan berbagai alat – alat dapur lainnya. Pantry juga merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menyimpan makanan yang sudah di masak dan yang sudah siap untuk Anda hidangkan. Umumnya, pantry dapur memiliki banyak sekali kabinet yang berfungsi untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman.

Desain pantry yang fungsional pastinya menjadi dambaan setiap pemilik hunian. Pantry telah jadi kebutuhan mendasar setiap hunian, baik itu rumah maupun apartemen; agar memliki sebuah area khusus yang dirancang dengan membawa sebagian fungsi dapur secara umum. Simak beberapa tips berikut yang dapat Anda aplikasikan untuk menciptakan area pantry yang fungsional dan estetik, meskipun di area yang terbatas :

  1. Rencanakan penempatan barang yang efisien. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengukur luasan area pantry yang Anda miliki agar pemilihan kitchen set atau cabinet dapat sesuai dan tidak membuat area pantry menjadi sempit atau tertutup.
  2. Cermat dalam memilih area penyimpanan. Untuk memaksimalkan area penyimpanan, Anda dapat menggunakan wadah berbahan plastik atau terbuat dari anyaman bambu yang diletakkan di dalam area kitchen cabinet. Penggunaan wadah ini membantu Anda dalam menyimpan barang keperluan dapur dan mempermudah pencarian. Contohnya seperti : 1 wadah khusus menyimpan aneka bumbu masak, 1 wadah khusus menyimpan makanan kaleng, 1 wadah khusus menyimpan aneka kecap atau bumbu masak cair, dan lain – lain.
  3. Berikan sentuhan dekorasi menarik. Anda dapat meletakan lukisan atau bunga artifisial untuk hiasan dan dekorasi dapur. Penambahan pattern pada pantry dapur dapat memberikan kesan lebih hidup dan ceria.
  4. Usahakan area pantry terkena sinar matahari. Anda dapat menggunakan kaca jendela di atas area sink sehingga membantu cahaya alami untuk masuk ke dalam area pantry. Dengan demikian, area pantry terlihat lebih luas, bersih dan membantu menghemat penggunaan lampu listrik.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, Anda akan mendapatkan kesan pantry dapur yang Anda idamkan. Apabila Anda menyukai kesan mewah, Anda juga dapat menambahkan aksen emas dan perak, serta seluruh barang yang terbuat dari stainless steel. Pantry dapur yang rapih, bersih dan menarik dapat menambah mood Anda dalam memasak hidangan untuk anggota keluarga tercinta. Selamat mencoba!

X