Ajang buka puasa bersama di bulan Ramadan bisa jadi merupakan satu dari hanya sedikit kesempatan yang kita punya untuk mempererat tali silaturahmi. Baik dengan rekan kerja maupun orang yang pernah bekerja sama dengan kita. Maka, tidak ada salahnya untuk mengusahakan hadir kala mendapat undangan buka puasa bersama.

Seperti lebih dari 30 anggota kelompok yang menamakan dirinya B One ini, kependekan dari Be Number One. Meski minggu kedua Ramadan selalu menjadi puncak kegiatan buka puasa bersama, yang berefek pada melonjaknya trafik pada jam-jam menjelang waktu magrib, mereka berhasil menghadiri kegiatan yang telah mentradisi ini.

“Hari ini kita berbuka puasa bersama sekaligus bersilaturahmi, dan utamanya untuk berkegiatan sosial,” tutur Irwan Hasan, salah seorang anggota B One yang berprofesi sebagai konsultan arsitek. Ya, hari ini, Jumat (17/05), mereka mengundang 25 orang anak yatim di seputar Kemang. “Sebelumnya kita pernah mengadakan acara sunatan masal,” lanjut Irwan.

Grup ini beranggotakan orang-orang dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari pebisnis, pejabat pemerintahan, selebriti, hingga politisi. Baik yang masih aktif maupun pensiunan. Tua maupun muda. Mereka umumnya dipertemukan oleh kerja atau proyek bareng, dan dari situ lahir keinginan untuk terus menjalin silaturahmi dalam wadah kelompok ini.

Bernaldy, anggota B One lain yang hadir di Synthesis Residence Kemang sebagai tempat acara menambahkan, “Kegitan kita sebenarnya berupa hiburan di luar pekerjaan, tapi juga memasukkan hal-hal positif. Selain untuk sosial, acara silaturahmi seperti ini juga dapat kita manfaatkan untuk networking.

Kalau ada yang punya ide bisnis bisa saling follow up,” pria yang bekerja di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini memberi contoh. “Saling bantu untuk bisnis, lah. Tapi kita tidak mau dicampurkan dengan politik.”

Selepas waktu berbuka puasa, proyek apartemen karya Synthesis Development ini semarak oleh para anggota B One yang bernyanyi bersama, melengkapi suasana khidmat yang sebelumnya tercipta berkat tausiah dan pembacaan doa lewat lagu bersama anak-anak yatim.

X