Anda merasa terpanggil untuk ikut menghijaukan Jakarta? Mulailah dengan menghijaukan lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Atau setidaknya mencari hunian yang lingkungannya sudah hijau.

Berikut 8 hal sederhana menerapkan go green di rumah dan di mana saja. Mulailah untuk melakukan delapan hal ini agar tetap menjaga bumi kita.

  1. Mengurangi Sampah Plastik

Untuk meminimalisir, sediakan benda pengganti yang dapat digunakan secara permanen. Untuk membawa barang belanjaan, bawalah tas belanja. Gunakan sedotan berbahan selain plastik sehingga bisa dicuci. Jangan membeli minuman kemasan, tetapi bawa sendiri dari rumah.

  1. Matikan Listrik Jika Tidak Digunakan

Seperti pada Maret 2020 lalu, seluruh dunia memperingati Earth Hour dengan mematikan listrik selama satu jam secara serentak. Mematikan listrik juga dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan setiap hari jika tidak benar-benar dibutuhkan.

  1. Hemat Menggunakan Air

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menghemat penggunaan air. Perlu diketahui, ketersediaan air bumi tidak sebanding dengan jumlah permintaan yang tinggi. Apabila tidak digunakan dengan bijak, krisis air bisa saja terjadi.

  1. Pilah Sampah, Lakukan Daur Ulang

Seperti prinsip utama go green, salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah memilah sampah. Kategori sampah dapat dibagi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik mudah terurai dan bisa dijadikan kompos. Sementara itu, sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi benda bermanfaat.

  1. Manfaatkan Transportasi Publik

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memilih menggunakan transportasi publik daripada kendaraan pribadi. Kendaraan bermotor dapat menyumbang polusi udara. Semakin banyak jumlahnya, polusi pun semakin pekat. Nah, dengan bersama-sama menggunakan transportasi publik, kadar polusi pun dapat dikurangi.

  1. Tanam Pohon di Sekitar Rumah

Anda juga bisa menanam pohon di lahan yang tersedia. Pepohonan membantu menyerap zat karbondioksida yang dihasilkan manusia dan menghasilkan oksigen. Selain itu, keberadaan pohon memudahkan penyerapan air ke dalam tanah sehingga stok air tetap terjamin. Menanam pohon di sekitar rumah juga memberikan keteduhan bagi penghuni. Bahkan, pepohonan juga bisa mempercantik halaman rumah dan membuat hunian terlihat lebih hidup.

Seperti Synthesis Residence Kemang, sebuah kawasan apartemen premium di daerah Kemang, Jakarta Selatan yang dikembangkan oleh Synthesis Development. Apartemen berkonsep etnik nuansa resort ini mendedikasikan sebagian besar lahannya untuk area hijau.

Seluas 60% dari dua hektare (ha) area proyek Synthesis Residence Kemang (SRK), Jakarta Selatan merupakan ruang terbuka hijau (RTH). Alokasi RTH tersebut guna mempertegas komitmen SRK sebagai apartemen yang ramah lingkungan.

Visi Synthesis Development tidak hanya mendirikan dan mengelola bangunan yang unik dan inovatif secara fisik, namun juga memberikan pengalaman yang berkualitas dan menciptakan nilai lebih bagi konsumen. Di samping itu Synthesis Development juga selalu berkomitmen untuk mendukung terbentuknya ekosistem lingkungan yang berkelanjutan.

X