Di tengah wabah virus corona seperti saat ini, menanam sejumlah tanaman pangan termasuk tanaman herbal bisa menjadi solusi penting agar kita tak perlu keluar rumah.

Selain bekerja di rumah banyak orang yang mencari alternatif lain dan kebanyakan menanam tanaman meski dengan lahan hunian yang terbatas.

Sejauh ini sudah ada beberapa tanaman yang dianggap atau dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona. Namun, belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah. Hal ini tidak mengherankan mengingat Covid-19 adalah penyakit baru, sehingga belum banyak penelitian yang bisa dilakukan terhadap penyakit ini.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menjelaskan ada beberapa jenis tanaman yang secara empiris dapat manfaat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga baik untuk mencegah infeksi virus corona yang dapat ditanam dengan lahan terbatas atau biasa disebut Urban Farming.

  1. Pegagan

Merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral, juga dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

  1. Bawang Putih

Dapat menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormone & aliran darah. Bawang putih mengandung allicin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

  1. Temulawak

Dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh.

  1. Meniran

Dalam dunia farmasi, ekstrak meniran telah teruji secara klinis juga sebagai imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh.

  1. Kunyit

Terbukti mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

  1. Temu mangga

Tanaman dengan nama latin Curcuma mangga ini mempunyai aktivitas fagositosis terkuat dibandingkan empon-empon lain yang dikenal untuk meningkatka daya tahan tubuh. Karena kebermanfaatannya sebagai imunomudulator, enam jenis tanaman di atas baik dikonsumsi sekarang ini dengan tujuan untuk mencegah infeksi virus corona.

Sama hal nya dengan minuman khas yang disuguhkan bila Anda datang ke Marketing Gallery Synthesis Residence Kemang. Anda akan disuguhkan minuman Wedang Uwuh yang merupakan salah satu minuman warisan leluhur yang sangat menyehatkan. Minuman ini berasal dari Yogyakarta.

Wedang uwuh terbuat dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang hingga gula batu, memiliki rasa pedas dengan sensasi segar. Racikan minuman tradisional yang satu ini sangat bermanfaat , apalagi bisa menghangatkan badan sekaligus memberikan banyak manfaat daya tahan tubuh. Maka jangan ragu untuk datang ke Marketing Gallery Synthesis Residence Kemang, karena Anda akan disuguhkan minuman tradisional penambah daya tahan tubuh pencegah infeksi virus corona.

 

X