Di bidang industri desain dan arsitektur tanah air, nama Hadiprana sudah sangat populer. Karya-karyanya menghiasi sejumlah bangunan di Indonesia dengan ciri khas yang memancarkan unsur kearifan lokal dalam gaya kontemporer.

Kekuatan yang dimiliki oleh tim arsitek Hadiprana ini dapat ditemukan pada proyek Synthesis Residence Kemang. Desain Hadiprana yang unik, ekletik, dan kontemporer sangat cocok dengan visi Synthesis Residence Kemang yang mengusung hunian berkelas namun tetap mempertahankan nilai dan kearifan lokal, sehingga layak dan mudah diterima pasar.

“Bagi kami, tiga strategi utama agar karya arsitek tetap digemari adalah, pertama, pola pendekatan kepada calon klien. Kedua, ciri khas karakter desain yang tetap terjaga. Terakhir, pembangunan karakter personal desain,” ujar Principal Design Hadiprana, William C Patty.

Synthesis Residence Kemang memiliki konsep etnik Jawa modern yang tertuang dalam desain bangunan. Eksterior bangunannya berlapis ornamen motif Batik Kawung, lobinya berkonsep Rumah Joglo, lalu ada kolam dan taman yang dinamai Tirta Astana. Uniknya lagi, ada aplikasi patung Bancak Doyok hadir di lobi, sehingga membuat suasana berbeda dan sarat makna.

“Unsur Indonesia dan art yang kuat memberikan point of interest yang dibawa dalam desain kontemporer Synthesis Residence Kemang,” William C Patty, Principal Design Hadiprana. Hadiprana memberi unsur Indonesia yang sangat kuat pada Synthesis Residence Kemang. Hal itu tercermin dari konsep nama menara yang terdiri dari Arjuna, Nakula dan Sadewa. Hadiprana sendiri dipercaya untuk mendesain lobi utama, ruang meeting, toilet publik, galeri pemasaran, serta mendesain interior show unit dengan dua tempat tidur dan tiga tempat tidur.

“Ada cerita yang kuat di situ. Berangkat dari nama Tower Arjuna, Nakula, dan Sadewa, kami mencari unsur dari mereka yang fisik dan nonfisik. Kalau fisik terkait dan dengan emblem yang mereka gunakan seperti senjata, perlengkapan baju, kebudayaan saat itu, dengan menonjolkan karakter yang tegas,” ujar William. “Kami kemudian mengimplementasikannya pada masing-masing lobi yang dibuat elegan, ada sisi vertikal yang diberi patern yang berbau Indonesia dan diformulasikan dengan kondisi kekinian. Contohnya, kamarnya didesain agar tampil lebih rileks, tapi sisi komersialnya tetap muncul. Di situ juga kami munculkan hadirkan unsur kerajaan seperti aksesorisnya,” tutupnya.

X