Mengisi akhir pekan dengan menambah wawasan seputar diet? Kenapa tidak. Apalagi program diet yang dibahas terbilang baru. Sabtu pagi (20/1), Rumah Sakit Medistra menggelar talkshowkesehatan “Nutrigenome: Diet Berbasis DNA” di Marketing Gallery Synthesis Residence Kemang.

Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Medistra, Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS,MS,Sp.GK yang tampil sebagai pembicara menjelaskan bahwa pada diet berbasis DNA (gen), atau yang dikenal sebagai nutrigenome, penentuan diet didasarkan pada hasil pemeriksaan nutrigenomik.

“Pemeriksaan gen dilakukan untuk mengetahui nutrisi apa yang paling cocok untuk kita, baik untuk menurunkan berat badan maupun mencegah penyakit.”

Salah satu contohnya, seperti dipaparkan oleh Dr. Cindy, berdasarkansebuah penelitian populerterungkap bahwa minum 2 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun ternyata pada gen tertentu justru dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

null

Itu berlaku juga pada usaha penurunan berat badan. Nutrisi tertentu yang baik untuk menurunkan berat badan pada seseorang, belum tentu bermanfaat sama bagi orang dengan gen yang berbeda.

“Uniknya, ada orang yang perlu banyak mengonsumsi protein agar berat badannya dapat lebih cepat turun,” Dr. Cindy menceritakan pengalamannya menangani seseorang yang melakukan pemeriksaan nutrigenomik. “Jadi, ia justru perlu makan terus makanan yang kaya protein agar berat badannya turun.Enak banget.Tapi itu belum tentu berlaku buat orang dengan gen yang lain.”

Selain menambah wawasan, 18 peserta yang hadir dapat melakukanpemeriksaan tekanan darah dan kolesterol secara gratis, serta berkesempatan membawa pulang doorprize berupa voucher makan dan medical checkup.

Asyiknya lagi, bagi peserta yang membeli unit Synthesis Residence Kemang selama acara berlangsung, selain akan memperoleh bonus smartphone Apple iPhone X dari Synthesis Residence Kemang, juga dapat mengikuti pemeriksaan nutrigenomik di Rumah Sakit Medistra secara gratis, biayanya ditanggung oleh Synthesis Residence Kemang. Wow!

Dr. Rekian Nurul Setyarini, Kepala Marketing & CR Rumah Sakit Medistra, mengungkapkan, “Di Indonesia pemeriksaan nutrigenomik cuma ada di Rumah Sakit Medistra, satu-satunya.”

Pada akhirnya, bangun pagi di akhir pekan untuk mengikuti acara ini, terutama jika ditambah mengikuti pemeriksaan nutrigenomik kemudian, juga bisa dikatakan sebagai bentuk investasi. Tentunya investasi pada kesehatan.

“Itu sama halnya dengan membeli unit apartemen Synthesis Residence Kemang,” tutur Imron Rosyadi, General Manager Sales & Marketing Synthesis Residence Kemang, kala memberi sambutan di awal acara. “Keduanya bermanfaat meningkatkan kualitas hidup kita.”

X