Kalau Anda merasa berbeda dengan orang kebanyakan di lingkungan Anda, itu berarti tanda bahwa Anda adalah seorang residu. Hmmm… sebenarnya apa, sih, residu itu?

“Residu adalah orang-orang yang punya pemikiran beda dengan orang-orang lain di sekitarnya, tapi berdampak positif,” ungkap Dilla Amran, Managing Partner OMG Consulting. “Kita tidak mau residu-residu ini menjadi normal, terutama di perkantoran dan korporat. Karena menurut kita, residu inilah yang bisa membawa perubahan, meski caranya tidak mudah.”

Nah, caranya itu di-share di Kelas Residu dan Seminar Residu yang kali ini diadakan di Pendopo Arjuna, Synthesis Residence Kemang, Sabtu (17/03), bersama Yoris Sebastian dan Dilla Amran. Mulai dari cara mengemukakan gagasan dengan bekal interpersonal skill agar ide-ide dapat diterima, hingga jurus-jurus riset di era digital, secara garis besar di Kelas dan Seminar Residu kita belajar soal kreativitas dan inovasi.

Asyiknya, berbagai ilmu tersebut dibagikan tanpa memungut biaya alias gratis! Yoris, Founder OMG Consulting, menjelaskan, “ Sudah 10 tahun ini saya memberi seminar dan workshop seputar kreativitas ke perusahaan-perusahaan. Tapi masih banyak karyawan perusahaan yang tidak pernah punya akses untuk menikmati seminar atau workshop saya, salah satunya karena persoalan biaya.”

null

“Padahal,” ia melanjutkan, “itu mungkin bisa membuka wawasan, membuat mereka terinspirasi, sampai akhirnya termotivasi untuk melakukan banyak hal kreatif. Itulah mengapa saya bikin Kelas Residu, selain berangkat dari ide awal ingin melahirkan orang kreatif dan selama ini saya belum pernah melatih orang dalam jangka waktu yang agak panjang.”

Kelas Residu yang digelar di Synthesis Residence Kemang ini merupakan pertemuan yang kedua. Sebagai informasi, Kelas Residu berlangsung selama 9 bulan dengan 9 kali pertemuan untuk 10 peserta.

null

“Tapi beruntung ini era social media. Kami posting Kelas Residu, responsnya heboh, termasuk respons dari Synthesis Development holding dari Synthesis Residence Kemang,” tutur Yoris. “Synthesis Development berkolaborasi dengan kami untuk membuat mewujudkan kegiatan menjadi lebih besar.

Maka lahirlah Seminar Residu yang dapat menjangkau audiens yang lebih luas, hingga 40 peserta dalam satu seminar. Seminar Residu ini mengakomodasi mereka yang belum berkesempatan mengikuti Kelas Residu, dengan materi yang dipaparkan seperti kepada Kelas Residu pertemuan sebelumnya.

“Nantinya tiap bulan mudah-mudahan selalu ada seminar, sehingga animo yang ada bisa lebih tersalurkan,” harap Yoris.

X