Chic Mart, gerai yang menjual beragam produk kerajinan berkarakter etnik, berkolaborasi dengan Yayasan Sayap Ibu cabang Jakarta dan Synthesis Development menghelat acara charity unik bertitel Diverse in Unity di Pendopo Arjuna Synthesis Residence Kemang. Acara ini dimeriahkan oleh bazar yang memamerkan keindahan kerajinan tangan dari perajin Indonesia. Mulai dari busana maupun kain batik, lurik, tenun, tas, hingga beragam aksesori seperti kalung dan gelang.

Mendermakan harta dapat lewat beraneka cara, di antaranya melalui kegiatan bazar dan lelang sambil mendukung karya para perajin lokal. “Tenant-tenant di sini sebagian ada yang sudah jadi tenant Chic Mart, sebagian belum. Tapi semua produknya buatan tangan, buatan Indonesia,” jelas Xania Maya, Owner Chic Mart, di tengah acara. “Kita selalu mendukung mereka yang kreatif dan terutama mendukung budaya.”

Dukungan Chic Mart kepada para perajin lokal, seperti dikatakan oleh Xania, termasuk hingga mereka yang berada di daerah-daerah yang relatif tak sering dijangkau. “Kita memberi mereka media untuk memperlihatkan karya-karyanya,” ia menambahkan.

Salah satu contohnya adalah kehadiran seorang perajin tenun dari Ende, sebuah kabupaten di Pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur. Kain tenun karyanya istimewa karena pewarnaannya memanfaatkan unsur alam. Semua warnanya berasal dari buah mengkudu, indigo, dan ginseng.

Suasana di Synthesis Residence Kemang yang dibangun oleh Synthesis Development kian semarak dengan berlangsungnya lelang benda-benda seni dan kerajinan. Antara lain tas dari Lungsin dan beberapa lukisan karya Dharmana sumbangan dari Gudang Gambar. Salah satu lukisan tersebut mampu mencapai harga Rp 20 juta dalam lelang.

Lebih dari 80 tamu yang hadir berdecak kagum kala Christiano Fira menampilkan resital piano. Sejak usia 9 tahun ia kehilangan penglihatan, namun kini mampu menjadi seorang pianis sekaligus arranger. Hebat!

Dana yang terkumpul dari kegiatan ini disalurkan kepada Yayasan Sayap Ibu Jakarta. Atie Soebiyanto selaku Ketua Umum, dalam ucapan terima kasihnya mengungkapkan, “Dukungan Chic Mart, Synthesis Development, Synthesis Residence Kemang dan semua pihak yang hadir sangat berarti bagi anak-anak kami, karena mereka adalah anak-anak yang memerlukan perhatian dan uluran tangan.”

X