Awal pekan yang cerah, Senin (24/06), Pendopo Arjuna Synthesis Residence Kemang kedatangan deretan selebriti yang tergabung dalam Komunitas Cerita Ibu Cerdas. Hari ini mereka syuting video klip untuk jingle kanal Youtube Komunitas Cerita Ibu Cerdas, dengan tak ketinggalan mengajak putra-putrinya.

Di antara Cynthia Lamusu, Verlita Evelyn, dr. Reisa Broto Asmoro, dan masih banyak lagi, hadir pula Fairus Faisal tentunya, sang pendiri Komunitas Cerita Ibu Cerdas. Komunitas ini banyak berbagi soal parenting, gizi, dan kesehatan anak. “Berawal dari teman-teman yang dulunya syuting bareng, pokoknya acara-acara bareng, sekarang sama-sama sudah jadi ibu semuanya. Kita merasa senasib, punya anak,” Cerita Iloet, sapaan akrab Fairus, tentang komunitas yang didirikannya.

“Kita jadi sharing pengalaman, tuker-tukeran info, bagaimana cara membesarkan anak-anak kita,” sambungnya. Dari situ terciptalah Komunitas Cerita Ibu Cerdas. Ia melanjutkan, “Di komunitas ini, niat kita dari awal ingin menuntut ilmu biar jadi ibu yang lebih baik buat anak-anak kita.”

Proses syuting di proyek apartemen milik Synthesis Development ini berlangsung penuh kegembiraan. Sesekali ditingkahi polah lucu dari anak-anak mereka yang masih kecil-kecil, meski kadang rewel tidak ingin jauh-jauh dari ibunya. “Ilmu parenting sebenarnya cukup fleksibel, bagaimana kita mengenal karakter anak dan karakter kita sendiri. Di situ baru kita adjust sama kebutuhan di keluarga kita,” ujar Iloet.

“Yang sulit adalah bagaimana menjaga anak kita dari pangaruh lingkungan luar, karena semakin besar anak nanti semakin sering dia bersosialisasi di dunia luar,” ia menambahkan. “Bekal yang kita tanamkan, soal tata krama dan ilmu-ilmu yang lain, harus kita kuatkan. Jadi, saat tiba waktunya anak-anak bersosialisasi dan memiliki aktivitas di luar rumah, dia sudah punya pegangan. “

Untuk itu, komunitas ini punya acara reguler yang mendatangkan pakar untuk para ibu belajar lebih dalam. Mulai dari psikolog, dokter anak, hingga dokter gizi. “Misalnya untuk bulan ini kita belajar parenting dengan mengundang psikolog dan bulan depan kita undang dokter anak untuk belajar masalah kesehatan anak,” Iloet membeberkan dan memberi bocoran beberapa kegiatan Komunitas Cerita Ibu Cerdas. “Kemudian bulan depannya lagi, kita akan sharing dengan dokter gizi.”

Utamanya sebagai ibu yang baru memiliki seorang anak, Nadyne (6 tahun), Iloet merasa perlu banyak menimba ilmu soal merawat anak, sekaligus membagikannya. “Dan teman-teman yang lain, kan, public figure yang follower-nya banyak juga. Kita ingin, apa yang kita dapat kita share juga kepada teman-teman, ibu-ibu, di luar sana. Jadi, bisa berbagi ilmu juga,” harapnya. “Mungkin anak kedua nanti bisa lebih santai,” tandas Iloet sambil tertawa.

 

X