Kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga tingkat penyebaran virus Covid-19 yang tengah meningkat saat ini, menjadikan kita harus kembali membatasi kegiatan di luar rumah sesuai dengan himbauan yang telah dikeluarkan Pemerintah.

Memasuki momen liburan sekolah yang telah tiba, kita pun harus pandai dalam memilih kegiatan yang seru dan menarik untuk mengisi waktu yang dapat dilakukan bersama anak – anak. Berikut beberapa tips mengisi momen berlibur Anda bersama keluarga yang dapat dilakukan di rumah :

1. Melakukan olahraga pagi bersama. Ajak anak – anak untuk bangun lebih pagi dan melakukan kegiatan olah raga ringan di sekitar area taman rumah Anda. Kegiatan ini akan membantu memberikan penyegaran kepada anak – anak yang selama ini menjalani sekolah daring, serta membantu Anda merenggangkan otot tubuh yang terasa kaku setelah seharian menjalani work from home.

2. Bercocok tanam di area rumah. Berikan pengalaman baru kepada anak – anak dengan berkebun di area rumah. Kegiatan positif ini juga mengajarkan anak – anak untuk mempelajari secara langsung bagaimana proses bertumbuh suatu tanaman hingga merawat tanaman tersebut untuk tetap hidup. Keuntungan lainnya yang juga Anda dapatkan ialah tanaman dapat meningkatkan estetika dan asupan oksigen di sekitar hunian Anda.

3. Merubah tata letak & dekorasi rumah. Untuk mengusir rasa jenuh, Anda juga dapat merencanakan perubahan tata letak dekorasi dan furnitur rumah Anda. Ajak anak – anak untuk terlibat mulai dari proses menentukan tempat baru, merapihkan kembali barang – barang yang berserakan, membersihkan setiap sudut ruangan hingga mengganti dekorasi dan warna cat rumah Anda. Kegiatan ini sangatlah menyenangkan dilakukan karena imajinasi dan kreativitas anak – anak akan digunakan dalam memberikan ide baru yang berdampak pada penyegaran hunian Anda.

4.Memilah barang yang sudah tidak terpakai untuk di donasikan. Selain merubah tata letak dekorasi, Anda juga dapat mengajak anak – anak untuk memilah kembali barang – barang yang sudah tidak terpakai dengan kondisi layak pakai seperti baju, mainan dan buku. Kegiatan ini mengajarkan anak – anak untuk berbagi dan membantu sesama yang membutuhkan, serta menumbuhkan jiwa amal dalam diri mereka. Untuk barang yang sudah dipilah dapat anda sisihkan dalam wadah berupa box atau kardus bekas dan dapat Anda donasikan melalui komunitas penyalur donasi seperti Clothes for Charity, Give2Pick Indonesia, Tukar Baju dan lainnya.

 

X