Melakukan kegiatan bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Apalagi di saat-saat pembatasan social seperti ini, yang mengharuskan Anda untuk tetap berada dirumah. Ya, imbauan untuk physical distancing perlu Anda lakukan untuk memutus rantai penularan virus corona di Indonesia.

Saat ini momen keluarga untuk memulai kembali memperkuat relasi keluarga, membuka kembali ruang agar menciptakan harmonisasi dalam keluarga.

Untuk melakukan aktivitas di rumah memang ada sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga. Kegiatan bersama keluarga ini juga perlu dilakukan agar tidak bosan dan bisa tetap menyenangkan walau harus di rumah saja.

Sejak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan sudah tentu aktivitas lebih banyak di lakukan di dalam rumah. Nah, jika tidak direncanakan aktivitas apa saja yang akan dilakukan bersama keluarga dirumah tentu pembatasan social ini dapat menjadi hal yang membosankan, namun akan berbeda jika bisa direncanakan dan dilakukan bersama tentu berdiam dirumah ini justru menjadi kesempatan mempererat hubungan antara anggota keluarga.

Berikut 4 ide kegiatan dirumah yang bisa dilakukan bersama keluarga selama masa PSBB.

  1. Memasak bersama

Cara sederhana untuk menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga adalah dengan memasak bersama. Tidak perlu memasak sesuatu yang terlalu rumit, tapi Anda bisa memulainya dengan membuat kue kering dengan bentuk yang lucu untuk dijadikan sebagai camilan.

Atau bisa juga membuat camilan sederhana bersama anak seperti popcorn atau berondong jagung. Untuk menyiapkan bahan-bahan Anda bisa memesan bahan makanan secara online (online shopping).

  1. Olahraga di pagi hari

Tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga berolahraga di pagi hari, saat udara dan cuaca di luar sedang dalam keadaan baik. Sambil olahraga pagi hari, sempatkan untuk berjemur selama 5-15 menit setiap harinya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Anda bisa sekadar mengajak keluarga jalan pagi, jogging, atau bahkan bersepeda di sekitar area rumah Anda.

  1. Menonton hiburan bersama

Mumpung selama PSBB ini Anda punya banyak waktu luang, manfaatkan untuk melakukan aktivitas menonton di atas sofa atau tempat tidur yang nyaman bersama keluarga, tentu saja pilihan film yang ditonton harus disesuaikan dengan usia anggota keluarga yang menonton.

Namun, tetap batasi diri dalam melakukan aktivitas ini, ya. Jangan sampai jam tidur dan waktu makan terganggu karena terlalu asyik menonton.

  1. Bercocok tanam bersama

Berkebun bersama keluarga akan menjadi salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa mengenalkan anak-anak dengan berbagai tanaman, kegiatan ini juga bisa membuat hunian menjadi lebih sejuk. Tanaman hijau dan berbagai bunga akan membuat rumahmu terasa lebih indah.

Jika Anda tinggal di apartemen, tenang saja, banyak sekali tips bercocok tanam di lahan terbatas seperti di area balkon, Anda bisa mengeksplor tanaman yang paling sesuai.

X