Biasanya sampah rumah tangga dibuang begitu saja ke tempat sampah. Alih-alih membuangnya begitu saja dan menambah beban kerusakan lingkungan, bagaimana kalau kali ini kita coba cara lain, yaitu daur ulang barang bekas sederhana. Jika diperhatikan, sebetulnya sebagian besar barang-barang yang ada di sekeliling kita bisa didaur ulang. Entah itu didaur ulang dengan bentuk yang sama ataupun menjadi berubah bentuknya. Dari banyak sekali benda yang bisa di saur ulang, salah satu diantaranya yang mungkin masih jarang dilakukan yakni daur ulang bekas peralatan olahraga seperti berikut ini.

  1. Bekas Raket Tenis

Ada banyak cara mengubah raket tenis bekas menjadi barang rumah tangga serba guna. Sayangnya, raket-raket tenis bekas langsung dibuang begitu saja. Padahal, bekas raket tenis bisa diubah jadi berbagai macam barang cantik seperti dudukan kursi, pigura cermin, dan lain-lain. Hanya perlu sedikit kreasi untuk menerapkan cara ini, kok.

  1. Gir Sepeda

Punya sepeda bekas yang sudah tidak terpakai? Salah satu yang bisa di daur ulang yakni gir sepeda. Barang bekas sepeda ini memang jarang sekali didaur ulang karena dianggap tak memiliki nilai seni lain selain fungsi aslinya. Gir sepeda bekas sebetulnya bisa dijadikan berbagai macam kerajinan, salah satunya bisa Anda jadikan dudukan lilin.

  1. Tongkat Pemukul Bisbol

Anda penggemar olahraga bisbol dan punya tongkat bisbol bekas yang tak terpakai? Coba berkreasi dan daur ulang bekas stik bisbol tersebut jadi sebuah peralatan rumah tangga serba guna. Misalnya, Anda bisa mengubahnya menjadi sebuah tiang penyangga meja kopi yang lucu.

  1. Kok Bulu Tangkis

Pasti Anda dan keluarga tidak asing dengan permainan bulu tangkis. Tidak jarang masa kecil Anda pasti tidak melewatkan bermain bulu tangkis.Pasti tidak sedikit sisa kok/bola bulu tangkis yang tidak terpakai lagi. Ternyata bekas kok bulu tangkis ini bisa menjadi hiasan lampu yang indah, lho!

  1. Bekas Stik Golf

Golf memang olahraga yang terbilang mahal baik itu untuk peralatannya ataupun untuk memainkannya Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda langsung membuang peralatan golf bekas yang tak lagi terpakai, bukan? Jadi, daripada langsung dibuang alangkah lebih baik bila dimanfatkan dan didaur ulang menjadi barang yang bisa difungsikan dirumah. Misalnya seperti pada gambar berikut ini, stik golf bekas bisa Anda jadikan sandaran botol yang unik dan elegan.

X